Hendak Kemping di Pulau Seribu? Ini Spot Terbaiknya!

pulau kelor
Dibalik Keindahannya, Inilah Sejarah Pulau Kelor yang Jarang Diketahui!
Februari 7, 2020
Pantai Eksotik di Pulau Seribu
Wajib Dikunjungi, Inilah 5 Pantai Eksotik di Pulau Seribu
Februari 9, 2020

Pantai dan pulau terpencil di Kepulauan Seribu merupakan salah satu spot kemping terbaik di negeri ini. Ada banyak sekali tempat kemping di Pulau Seribu yang wajib Anda kunjungi. Bahkan pengalaman yang bisa Anda dapatkan tidak kalah menarik dengan berkemah di atas gunung yang biasa dilakukan orang-orang.

Pulau Seribu yang terletak di pesisir utara merupakan spot eksotik untuk Anda yang hobi berkemah. Berkemah di dalamnya akan memberikan nuansa yang berbeda. Jika di gunung Anda akan terbiasa mendengar suara jangkrik dan hawa yang sangat dingin, disini Anda akan terus mendengar desiran ombak sepanjang malam dengan hawa yang lebih hangat.

Melihat banyaknya peminat kemping di pesisir pantai, pengelola pulau di Kepulauan Seribu terus berinovasi untuk memfasilitasi Anda dalam melakukan hobi satu ini. Seperti diketahui, kepulauan satu ini memiliki banyak sekali pulau kecil yang bisa Anda kunjungi kapanpun. Layanan 24 jam diberikan demi kemudahan Anda yang hobi berkemah seperti ini.

Tapi lantas pulau apa saja yang bisa Anda kunjungi sebagai spot berkemah ini? Tentu saja pulau seribu memiliki banyak spot menarik untuk berkemah. Hanya saja ada beberapa spot terbaik untuk Anda yang hendak kemping di Pulau Seribu. Pasti Anda penasaran bukan? Simak paparan lengkapnya di sini.

Berkemah dalam Kesunyian di Pulau Semak Daun

Spot kemping di Pulau Seribu pertama yang kami rekomendasikan adalah wilayah pesisir Pulau Semak Daun. Pulau satu ini berdekatan dengan Pulau pramuka kep seribu. Anda bisa mengunjunginya hanya dengan berlayar melalui dermaga Muara Angke. Perlu waktu kurang lebih 3 jam untuk sampai ke lokasi. Pulau satu ini merupakan pulau tak berpenghuni.

Meskipun begitu, ada pihak pengelola pulau yang selalu siap melayani Anda. Fasilitas umum di pulau satu ini masih sangat minim. Pasalnya sama sekali tidak ada penduduk yang tinggal di tempat ini. Tapi pada beberapa pesisir pantai, ada lahan kosong yang biasa digunakan orang orang untuk berkemah.

Sambil menikmati indahnya hutan mangrove yang mendominasi pesisir pantai, Anda bisa beristirahat dalam kesunyian dalam tenda. Kalau sedang bulan purnama, Anda bisa menikmati bayang bulan di atas air laut dengan jelas. Nuansanya yang masih sangat alami pasti akan membuat Anda betah berlama-lama.

Dunia Serasa Milik Sendiri Saat Berkemah di Pulau Papa Theo

Masih tidak berpenghuni, spot kemping di pulau seribu selanjutnya adalah pulau Papa Theo. Pulau satu ini memang bukan pulau yang populer. Sangat jarang sekali orang yang membahasnya. Meskipun begitu, pulau satu ini menyimpan eksotisme yang tidak bisa disepelekan. Pulau satu ini lebih jauh dari pulau Semak Daun.

Untuk menjangkaunya, Anda membutuhkan waktu sekitar 4 jam dari dermaga Muara Angke. Pulau satu ini memiliki panorama bawah laut yang begitu cantik. Ada banyak terumbu karang alami dan berbagai ikan laut yang unik di dalamnya. Bahkan kalau sedang terang, Anda bisa melihat panorama bawah lautnya secara telanjang. Tak heran jika Pulau Papa Theo menjadi salah satu spot kemping di Pulau Seribu Paling banyak dikunjungi.

Sambil kemping di pesisir pantai, Anda bisa menikmati pemandangan laut yang begitu luas di sekelilingnya. Hanya saja dibutuhkan sedikit keberanian. Pasalnya masih sangat jarang orang yang berkunjung ke pulau satu ini. Jadi kalau Anda kemping di dalamnya, dunia ini serasa milik sendiri. Atau mungkin Anda akan merasa seperti orang yang terdampar di pulau terpencil. Berani menghadapi tantangan ini?

Spot Kemping Manja di Pulau Payung

Tidak kalah menarik, spot kemping di Pulau Seribu selanjutnya adalah campin ground di Pulau Payung. Berbeda dengan kedua pulau sebelumnya, Pulau Payung ini merupakan pulau berpenghuni. Untuk mengunjungi pulau satu ini, Anda harus transit di Pulau Tidung terlebih dahulu. Disini kita bisa naik perahu bargas menuju ke Pulau Payung.

Warga Pulau Payung ini sangat ramah terhadap wisatawan. Terlebih dunia pariwisata memang sudah menjadi salah satu mata pencaharian mereka. Setiap harinya ada banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke pulau satu ini. Tujuan mereka salah satunya tentu adalah untuk menikmati camping ground yang sudah disediakan oleh pengelola.

Kemping di Pulau Duyung bisa dibilang sebagai kemping manja. Pasalnya di sekeliling wilayah perkemahan ada banyak pedagang yang menyediakan berbagai keperluan Anda. Dari mulai kuliner, tempat ibadah, hingga MCK, semuanya tersedia dengan lengkap. Pihak pengelola memang sengaja menyediakan fasilitas ini demi kemudahan pengunjung. Inilah bedanya kemping di pulau seribu dengan di gunung.

Menu favorit dari pulau satu ini adalah ikan bakarnya. Kalau Anda kebetulan berkunjung, pastikan untuk mencoba sajian ikan bakar yang tersedia di banyak warung makan sepanjang pantai pulau Payung ini. Karena popularitasnya yang terus menanjak, Pulau Payung ini dianggap sebagai salah satu landmark dari pariwisata Kepulauan Seribu saat ini.

Paket Lengkap, Kemping Sambil Snorkeling di Pulau Bulat

Kalau Anda ingin yang lengkap, ada spot kemping di pulau seribu yang lainnya. Spot tersebut adalah pesisir Pulau Bulat yang sangat berdekatan dengan pulau putri dan Pulau pelangi ini . Untuk mengunjungi pulau satu ini, Anda harus berlayar kurang lebih 4 jam dari Muara Angke. Cukup jauh memang, tapi apa yang akan Anda lihat di lokasi akan sangat mengobati lelahnya.

Bagaimana tidak, panorama pulau satu ini sangat cantik. Terlebih dengan pasir putihnya. Pesisirnya yang begitu putih membuat air laut terlihat sangat biru. Sangat nyaman untuk berenang disini. Dikutip dari berbagai sumber, mereka yang berkemah di pulau satu ini justru ingin sekaligus menikmati snorkeling di pesisir pantainya.

Paket wisata yang lengkap ini tentunya menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki pulau bulat dibanding pulau lainnya. Pulau ini memang berpenghuni, namun tidak banyak. Kalau Anda kemping di dalamnya, ada beberapa pedagang yang bisa Anda temui di pesisir pantai. Pulau seluas 1,28 Ha ini benar-benar sangat direkomendasikan untuk Anda yang hendak kemping di Pulau Seribu.

Yang Paling Berkesan, Kemping di Pulau Sepa Berteman Biawak

Bicara kemping di Pulau Seribu, rasanya tidak sempurna jika tidak membahas Pulau Sepa. Pulau satu ini berada di pesisir barat laut. Jaraknya kurang lebih sekitar 65 km dari Ancol. Untuk mengunjunginya, Anda hanya perlu menaiki speedboat dari Ancol. Dengan kendaraan satu ini, Anda bisa menempuhnya dalam waktu 2 jam saja.

Pulau Sepa memiliki pantai yang sangat landai, jadi Anda tidak akan kesulitan dalam membangun tenda di atasnya. Bahkan Anda bisa mendirikan tenda sedekat mungkin ke pesisir pantai karena kontur pasir disini cukup padat. Di sekitar pantai Pulau Sepa juga banyak pohon rindang, Anda jadi bisa membuat ayunan pada pohon-pohon tersebut di waktu siang.

Pesisir pantai satu ini memiliki panorama terumbu karang yang masih sangat alami. Anehnya, di pesisir pantai satu ini sering ditemui, biawak. Tapi mereka sama sekali tidak mengganggu. Berdasarkan mereka yang pernah berkemah di dalamnya, biawak ini terlihat sangat jinak dan bahkan bisa Anda berikan makanan sisa. Tapi tetap saja Anda harus hati-hati.

Pulau seribu menyimpan berjuta keindahan yang belum dieksplorasi dengan sempurna. Salah satunya adalah spot kemping yang sedang kita bahas ini. Silakan Anda kunjungi spot menarik di atas untuk menambah pengalaman. Itu saja beberapa spot kemping di pulau seribu yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

Comments are closed.