Keindahan Pulau Semak Daun Sebagai Salah Satu Destinasi Favorit

pulau pari jakarta
Terungkap! Mitos Pulau Pari dan Sejarah Keberadaannya
Januari 19, 2020
penginapan pulau seribu murah
Daftar Destinasi di Kepulauan Seribu Paling Sering Dikunjungi Backpacker
Januari 23, 2020

Keindahan pulau semak daun menjadi salah satu bukti nyata bahwa di Indonesia sangat tinggi potensi alamnya untuk dikelola pada aspek pariwisata. Keindahan alam memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, agar berkunjung ke destinasi wisata pulau seribu alam tersebut. Wisata alam dipercaya mampu memberikan aura positif dan pikiran yang segar, setelah berlibur mengunjunginya.

Perlu Anda ketahui bahwa jenis wisata alam yang ada di Indonesia sangatlah beragam dan semuanya sangat menarik. Mayoritas wisata alam tersebut biasa digolongkan ke dalam jenis wisata pantai, gunung, hutan, air terjun, sabana, dan lain sebagainya. Dari sekian banyaknya jenis destinasi wisata alam tersebut, Indonesia berpotensi besar menjadi negara wisata.

Kembali ke topik pembahasan, pulau semak daun ini berlokasi di antara gugusan pulau yang terbentuk di dalam kepulauan seribu. Kepulauan seribu ini letaknya tidak begitu jauh dari ibukota Indonesia, yaitu kota Jakarta. Dari kota Jakarta itu sendiri, rata-rata waktu tempuh agar bisa memasuki kawasan kepulauan seribu sekitar 1-2 jam saja.

Untuk pergi berlibur dan menyaksikan keindahan pulau semak daun secara langsung, Anda perlu yang namanya agenda untuk dilakukan di sana. Kami akan menyajikan rangkuman aktivitas yang dapat Anda lakukan selama di pulau semak daun. Oleh karena itu, jangan lewatkan pembahasan berharga di bawah ini agar bisa menambah wawasan liburan Anda.

Panorama Bawah Laut yang Sangat Indah dan Lestari

Wajar saja apabila mayoritas wisatawan yang berasal dari kota merasa kagum dengan panorama bawah laut di pulau semak daun ini. Pasalnya, orang kota sudah tidak bisa menemukan pantai terdekat dengan keindahan alam yang masih terjaga. Di pulau semak daun, seluruh biota lautnya masih lestari sehingga sangat indah dipandang mata.

Keindahan pulau semak daun ini masih juga ditambahi dengan warna air lautnya yang jernih namun condong biru kehijauan. Coba Anda bayangkan sendiri betapa masih terjaganya sumber daya alam yang ada di sini. Bahkan seluruh coral dan biota laut di bawahnya tidak ada yang rusak sama sekali sehingga tetap indah.

Hal ini didukung karena tidak adanya kapal besar yang ada di pulau semak daun. Kapal besar mayoritas menggunakan jangkar ketika berhenti atau sudah sampai ke tujuan, sehingga merusak biota laut yang terkena jangkar. Para pengunjung pulau semak daun biasa menaiki speedboat yang terkesan lebih ramah lingkungan biota bawah laut.

Di pulau semak daun ini, sangat cocok apabila Anda ingin melakukan snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah lautnya. Sudah banyak sekali jasa persewaan alat dan perlengkapan snorkeling yang terletak di pinggir pantai. Mengenai harga sewa, tentu tidaklah begitu mahal apabila dibandingkan dengan pengalaman dan suguhan panorama bawah laut yang Anda peroleh.

Terdapat Wisata Penangkaran Penyu Sisik dan Hewan Lainnya

Bagi para pecinta binatang, ternyata ada salah satu keindahan pulau semak daun yang sangat menarik untuk dikunjungi. Di pulau ini terdapat penangkaran penyu sisik sebagai upaya untuk tetap melestarikan binatang tersebut agar tidak punah. Penyu sisik tergolong cukup langka keberadaannya di lautan Indonesia, sehingga pemerintah memutuskan untuk membuat penangkarannya.

Dari sekian banyaknya pulau yang ada di kepulauan seribu, pulau semak daun merupakan salah satu dari tiga pulau dengan penangkaran penyu sisik di dalamnya. Anda bisa foto bersama dengan penyu sisik, memberi makan sesuai peraturan pihak petugas, dan sekedar melihatnya saja. Selain itu, ada binatang lain yang juga dijaga kelestariannya.

Penyu sisik juga memiliki peran tersendiri dalam menjunjung sisi keindahan pulau semak daun. Tak sedikit pula para wisatawan bersama rombongan yang berkunjung ke tempat penangkaran di pulau semak daun tersebut. Harapannya, kita semua semakin sadar agar tidak merusak lingkungan sekitar dan terus menjaga kelestariannya alamnya seperti penyu sisik ini.

Ikut menjaga kelestarian dari penyu sisik dan binatang langka lainnya tentu menjadi bentuk kepedulian Anda terhadap sesama makhluk hidup. Peran serta partisipasi Anda di dalam melestarikan lingkungan sekitar bisa diwujudkan dan timbul ketika melakukan liburan ke tempat seperti ini. Bisa jadi rasa itu timbul dan diterapkan dalam kehidupan setiap hari.

Keindahan Pulau Semak Daun Juga Suguhkan Ikan Laut Segar

pantai pulau semak daunPenggemar aktivitas memancing ternyata juga sangat banyak yang melabuhkan kapalnya di sekitaran pulau semak daun ini. Sebenarnya di sekitar kepulauan seribu ini sangatlah menarik untuk dicoba, karena ada beragam jenis ikan laut yang boleh dipancing. Berkat ada banyaknya jenis ikan di sana, pulau semak daun sering dijadikan lokasi favorit.

Bahkan tak sedikit pula acara televisi yang mengambil rekaman kegiatan memancing di keindahan pulau semak daun. Alhasil, kini semakin banyak para wisatawan yang ingin merasakan sensasi serunya memancing di laut sesungguhnya. Memancing di lautan pulau semak daun tentu membutuhkan kapal berupa speedboat yang bisa Anda sewa di sekitar pantai.

Mengenai jenis ikannya sangatlah beragam dimulai dari ikan tenggiri, kerapu, tongkol, skipjack tuna, grouper, giant trevally, red snapper, dan masih banyak lagi. Dengan adanya keberagaman jenis ikan tersebut, tentu Anda perlu mempersiapkan umpan terbaik. Hal ini dikarenakan setiap jenis ikan tentu mempunyai makanan favorit yang berbeda agar bisa ditangkap.

Maka dari itu, alangkah baiknya apabila Anda mampu memberi target pada jenis ikan tertentu yang akan dipancing. Hal itu mempermudah Anda untuk fokus dengan suatu tempat beserta jenis umpan tertentu, sehingga hasilnya bisa lebih maksimal. Waktu dan biaya yang dikeluarkan untuk memancing pastinya terasa lebih efektif serta efisien.

Lokasi yang Berdekatan Memudahkan untuk Berpindah Pulau

Di samping suguhan keindahan pulau semak daun yang begitu menarik, ternyata ada hal lain penyebab destinasi ini menjadi begitu favorit. Hal ini didukung dengan faktor geografis pulau semak daun yang juga berdekatan dengan pulau lainnya seperti pulau pramuka, pulau air dan pulau tidung. Perlu Anda pahami bahwa setiap pulau yang ada di kepulauan seribu memiliki potensinya masing-masing.

Pulau semak daun mempunyai potensi pariwisata seperti yang telah kami bahas di atas. Untuk melakukan aktivitas lain di luar memancing, snorkeling, serta ke penangkaran penyu sisik, Anda harus mengunjungi pulau lainnya. Namun tak perlu khawatir karena jarak antar tempat dari pulau semak daun tergolong dekat dan cepat waktu tempuhnya.

Pastinya sering Anda lihat berbagai promo dari agen jasa trip ke kepulauan seribu yang memasukkan pulau semak daun ke dalam daftarnya. Dari pulau semak daun, aktivitas para wisatawan cenderung lebih optimal, sehingga terasa sangat mengesankan. Jarak tempuh yang dekat juga tidak membutuhkan biaya banyak untuk harga sewa speedboat.

Akan tetapi, bagi Anda yang menggunakan jasa agen trip biasanya harga sewa untuk perpindahan antar pulau sudah ditanggung sejak awal. Jadi, Anda lebih mudah untuk memetakan pengeluaran serta budget yang dibutuhkan selama di kepulauan seribu. Serta jangan lupa untuk memasukkan pulau semak daun ke dalam list liburan Anda.

Sekian pembahasan mengenai seluruh aktivitas yang bisa Anda lakukan selama di pulau semak daun seharian penuh. Buatlah liburan Anda semakin bermakna dengan mengajak orang terdekat untuk ikut menikmati momen kebersamaan. Seluruh keindahan pulau semak daun sangatlah cocok sebagai pelipur kebosanan dari suasana kota yang selalu padat dan bising.

Comments are closed.