Wisata Pulau Payung, Si Kecil yang Sering Terlupakan

berlibur ke pulau Genteng
Berlibur ke Pulau Genteng Kepulauan seribu Lakukan Hal Ini
April 14, 2021

Wisata Pulau Payung menjadi salah satu tujuan yang bisa dijadikan sebagai andalan ketika Anda sedang ingin melepas penat setelah satu minggu bergelut dengan pekerjaan.

Pulau Payung memang menjadi alternatif yang tepat untuk mengisi liburan. Hal ini disebabkan karena sejuta pesona yang dimilikinya. Memang, ada berbagai macam destinasi di Kepulauan Seribu yang bisa dijadikan sebagai pilihan.

Namun, tetap saja Pulau Payung memiliki pesonanya tersendiri. Pulau Payung berlokasi tidak jauh dari Pulau Pramuka dan Pulau Tidung. Pulau Payung ini mempunyai 2 pulau yakni Pulau Payung kecil serta Pulau Payung besar.

Mengenal Wisata Pulau Payung yang Indah

wisata pulau payung resortNama Pulau Payung memang belum begitu familiar. Namun, Anda tidak perlu ragu menjadikan pulau ini sebagai sebuah pilihan. Pulau Payung juga menjadi salah satu pulau yang masih sepi pengunjung.

Secara administrasi, Pulau Payung berada di kelurahan Pulau Tidung. Sehingga, terkadang jika Anda memilih paket wisata yang menjelajah Pulau Tidung, akan ada Pulau Payung sebagai destinasi berikutnya. Inilah alasan mengapa popularitas dari Pulau Payung tidak begitu terdengar.

Tempat wisata biasanya akan dialihkan di Pulau Payung kecil, sedangkan Pulau Payung besar lebih banyak digunakan untuk penduduk. Meskipun, penduduk yang berada di Pulau Payung juga hanya sedikit.

Penduduk di Pulau Payung bahkan hanya menempati lahan sepertiga saja dari lahan 20 hektar. Pulau Payung memiliki beberapa villa serta homestay sebagai pilihan menginap bagi wisatawan yang ingin mencoba wisata Pulau Payung.

Suasana penginapan di Pulau Payung juga sangat tenang seperti layaknya sebuah pulau pribadi. Untuk masalah seperti akses jalan, Pulau Payung memiliki akses jalan yang mirip dengan Pulau Tidung.

Ketika ingin mengunjungi Pulau Payung, Anda dapat menggunakan speedboat. Waktu yang ditempuh untuk menuju ke Pulau Payung dengan menggunakan speedboat juga jauh lebih cepat dibandingkan dengan transportasi lain.

Tentu saja, ketika memilih menggunakan speedboat, harga yang harus dibayar juga menjadi lebih mahal. ketika menggunakan kapal ferry, Anda harus menempuh waktu kurang lebih 2.5 jam hingga 4 jam, bergantung cuaca dan gelombang lautnya.

Daya Tarik Wisata Pulau Payung

Sebagai sebuah destinasi wisata di Pulau Seribu, tentu saja Pulau Payung memiliki daya tariknya tersendiri. Berikut ini beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Pulau Payung:

  1. Memiliki suasana yang tenang

Daya tarik utama yang dimiliki oleh Pulau Payung dan banyak dilirik wisatawan ialah suasananya yang sangat tenang. Pulau Payung memiliki suasana hembusan angin pantai dan debur ombak yang berbaur.

Debur pantai serta suasana angin ini akan memanjakan siapapun yang ingin istirahat dari hiruk pikuknya suasana di perkotaan. Apalagi Pulau Payung memiliki hamparan pasir lembut yang berada di sepanjang pantai.

Sensasi keindahan Pulau Payung akan sangat terasa ketika Anda berjalan di atasnya. Pulau Payung juga memiliki pohon yang santat rimbun di sisi pantai. Untuk suami istri yang sedang berbulan madu, sudah pasti akan menambah suasana yang romantis.

  1. Indahnya panorama bawah laut

Pulau Payung memiliki panorama bawah laut yang sangat indah dengan gradasi biru muda dan biru tua sehingga membuat warna laut yang dimiliki Pulau Payung nenjadi begitu cantik.

Anda bisa mencoba snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan sembari memandangi indahnya batu karang. Tentu saja menjadi sebuah keindahan yang sangat menarik.

  1. Menikmati terbenamnya senja

Wisata Pulau Payung juga menyajikan keindahan terbenamnya senja. Ketika senja datang, Anda bisa melihat indahnya warna biru laut yang bertemu langsung dengan warna matahari, sehingga memberikan warna orange yang begitu cantik.

  1. Tempat berkemah yang asyik

Pulau Payung juga mempunyai hamparan pasir begitu luas sehingga bagi Anda yang ingin mencoba berkemah bisa segera memasang tenda untuk berkemah di bibir pantai. Lebih-lebih ombak yang ada di Pulau Payung ini ukurannya tidak begitu besar.

Kegiatan yang Bisa Anda Lakukan Saat Wisata Pulau Payung

Meskipun Pulau Payung merupakan pulau yang berukuran kecil. Tetapi, di sini Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas. Berikut beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan ketika mengunjungi Pulau Payung:

  1. Snorkeling

Snorkeling bisa menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan ketika ingin melihat keindahan Pulau Payung di sekitarnya. Apalagi Pulau Payung merupakan perairan yang cukup dangkal sehingga berbagai macam keindahan bisa terlihat dengan jelas dan mudah.

  1. BBQ

Bila Anda memutuskan untuk bermalam di Pulau Payung, Anda bisa melengkapi aktivitas bermalam tersebut dengan melakukan BBQ. Anda dapat membakar ikan yang berasal dari hasil tangkapan nelayan.

Ikan hasil tangkapan nelayan terjamin segar. Selain itu Anda juga bisa membeli beberapa daging. Apalagi jika Anda memutuskan berwisata dengan beramai-ramai.

  1. Beristirahat di tepi pantai

Jika tujuan Anda mengunjungi wisata Pulau Payung memang untuk beristirahat. Tidak masalah bila Anda menghabiskan waktu untuk duduk bersantai di pinggir pantai. Dijamin, Anda akan betah duduk berlama-lama di sini.

Anda dapat duduk di tepian pantai sembari menikmati keindahannya. Apalagi Pulau Payung menjadi tempat wisata yang tidak begitu ramai pengunjung sehingga bisa menjadi lokasi untuk menghilangkan stress dan penat ketika beraktivitas di kota yang sangat sibuk.

baca : Hendak Kemping di Pulau Seribu? Ini Spot Terbaiknya! 

Perlengkapan yang Harus Disediakan Saat Wisata Pulau Payung

tempat wisata alamDengan berbagai macam daya tarik yang dimiliki Pulau Payung, mustahil bukan jika Anda sama sekali tidak tertarik dengan keelokannya. Jika memutuskan untuk mengunjungi Pulau Payung, berikut beberapa perlengkapan yang harus Anda sediakan:

  1. Perlengkapan berkemah

Jika Anda memutuskan untuk menginap ke Pulau Payung tanpa membeli paket wisata atau memesan resort, tentu saja Anda harus menyiapkan perlengkapan berkemah sendiri seperti membawa tenda.

Anda juga harus menyiapkan perbekalan yang cukup selama menghabiskan waktu di Pulau Payung. Jangan sampai kegiatan berkemah menjadi kurang menyenangkan karena peralatan yang Anda bawa kurang. Apalagi Anda berkemah dengan beramai-ramai.

  1. Uang yang cukup

Seperti pulau lain, di Pulau Payung Anda tidak akan menemukan ATM. Sehingga, pastikan Anda membawa jumlah uang yang cukup untuk melengkapi seluruh akomodasi selama melakukan wisata Pulau Payung.

Namun, hindari juga membawa uang dalam jumlah yang terlalu banyak karena sangat berbahaya. Anda bisa memperkirakan jumlah yang dibutuhkan untuk akomodasi seperti transport hingga makan selama menginap di Pulau Payung.

  1. Membeli paket wisata

Jika ingin mencoba berbagai wisata di Pulau Payung dengan lebih mudah, sebenarnya Anda dapat membeli paket wisata. Banyak paket wisata yang ditawarkan dan bisa diperkirakan sesuai dengan besarnya budget yang dimiliki.

  1. Memesan resort

Selain berkemah, Anda juga bisa menginap di Pulau Payung dengan cara memesan resort. Jika memesan resort tentu saja Anda tidak perlu memikirkan akomodasi seperti biaya makan. Dan tidak perlu membawa perlengkapan berkemah.

Tentu sangat mengasyikkan bukan berlibur ke Pulau Payung. Jika Anda ingin liburan menjadi lebih praktis, Anda dapat menyerahkannya pada kami, Pulau Seribu Traveling. Kami akan membuat kegiatan wisata Pulau Payung yang Anda lakukan menjadi sangat menyenangkan.

Comments are closed.